Cara Kerja Sebuah Genset Listrik

Mesin Genset (Generator Set) merupakan sebuah alat  pembangkit listrik cadangan yang menggunakan energi kinetik. Listrik yang dapat dihasilkan disesuaikan dengan ukuran genset. Pertama kali geset ditemukan oleh Michael Faraday  yang berhasil menemukan ada energi yang dapat dihasilkan ketika adanya konduktor listrik bergerak lurus terhadapat medan magnet. Pada awalnya, mesin genset dibuat hanya menggunakan gulungan kawat dan besi berbentuk U. Genset pertama dinamakan Generator Cakram Faraday.

Jenis Genset

Mesin generator set memiliki cara kerja yang berbeda berdasarkan jenis arus listrik. Berdasarkan arus listriknya genset dibagi menjadi 2 yaitu

Mesin Generator Set Listrik Alternator (AC)

Generator AC memiliki 2 kutub magnet yang saling dihadap-hadapkan agar bisa menghasilkan medan magnet. Pada daerah tengah medan magnet terdapat sebuah kumparan yang berputar. Dikarenkan kumparan terus berputar sehingga gaya magnet yang masuk berubah-ubah. Sifat arus listrik yang dihasilkan adalah arus bolak – balik yang berbentuk seperti gelombang (amplitudo bergantung pada medan magnet, luas penampang kumparan dan jumlah lilitan kawat.

Mesin Generator Set Dinamo (DC)

genset
Cara kerja mesin generator set dinamo (DC) mirip dengan mesin generator set alternator. Hal yang berbeda dari mereka berdua adalah genset DC menggunakan sistem cicin belah. Cicin belah ini biasanya disebut dengan nama komutator yang biasanya terletak pada bagian output.

Apapun pilihan genset, perlu diketahui bahwa pada umunya cara kerja genset memerlukan lilitan kawat dan kutub – kutub magnet. Selain itu, para genset juga memerlukan bahan bakar. Bahan bakar yang banyak digunakan hingga saat ini tentu saja besin (solar) namun tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang sudah banyak yang mencoba dan membuat mesin diesel dengan tenaga baru. Tenaga baru yang digunakan adalah adalah
  • Tenaga sinar matahari yang memerlukan lempengan penyerap panas dari sinar matahari
  • Gas yang masih kurang dikembangkan karena masih susahnya mengelolah gas dan membuat mesin yang cocok


Semoga ada informasi baru mengenai para peneliti cepat menemukan tenaga lain yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar solar (besin). 

0 komentar :

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger