Kenali Istilah yang Terdapat dalam Asuransi

asuransi
image source: Livemint
Sebelum memutuskan untuk membuat asuransi AXA Indonesia, penting bagi Anda untuk mengenali sejumlah istilah yang biasanya terdapat dalam asuransi. Mengapa? Yup, hal ini bertujuan supaya nantinya saat Anda membeli polis asuransi, maka akan semakin dipermudah. Selain itu, dengan mengetahui beberapa istilah dalam asuransi ini, dapat pula meminimalisir terjadinya kesalahan yang mungkin bisa saja terjadi di masa yang akan datang dan tidak menutup kemungkinan malah merugikan Anda.

Lalu, apa sajakah istilah yang terdapat di dalam asuransi ini? Simak langsung kategorinya disini;

  •  Agen. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah agen yang ada di produk asuransi? Yap, agen merupakan orang yang bekerja di perusahaan asuransi dan memiliki tugas untuk mencari sekaligus melayani semua nasabah asuransi. 
  • Aktuaris. Aktuaris merupakan orang yang sudah professional menjalani semua pelatihan yang diberikan oleh pihak asuransi, dan sudah mengetahui semua hal tentang asuransi sehingga mudah dijelaskan kepada nasabahnya.
  • Klaim asuransi. Untuk klaim asuransi sendiri adalah sebuah permintaan resmi yang dilakukan kepada pihak asuransi, dimana nasabah meminta kompensasi pembayaran berdasarkan ketentuan perjanjian antara perusahaan asuransi dan nasabah asuransi. 
  • Polis asuransi. Sedangkan, polis asuransi ialah sebuah perjanjian tertulis yang mengikat antara pemegang polis asuransi maupun perusahaan asuransi. 
  • Premi asuransi. Berbeda dengan polis, premi asuransi yaitu sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah dengan kisaran waktu bergantung pada jangka waktu yang sudah ditentukan. Untuk besarnya pembayaran yang dibayarkan untuk premi ini sesuai dengan kebijakan yang disetujui antara pihak asuransi dan nasabah.
  • Risiko asuransi. Nah, di dalam produk asuransi pun terdapat risiko asuransi. Yang mana, risiko ini diartikan sebagai kerugian yang ditanggung oleh nasabah asuransi sekaligus benda yang diasuransikannya. 
  • Penanggung asuransi. Terdapat pula penanggung asuransi, dimana penanggung asuransi ini nantinya yang akan membayarkan uang untuk premi ataupun polis asuransi. 
  • Tertanggung asuransi. Tertanggung asuransi adalah nama orang yang dicantumkan di dalam asuransi, yang di kemudian hari akan menerima sejumlah manfaat yang diberikan langsung oleh perusahaan asuransi.

Itu beberapa istilah yang biasanya ada di dalam produk asuransi. Semoga bermanfaat! –SH–

0 komentar :

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger