Di Antara yang Lain, Ini Dia Olahraga yang Paling Baik untuk Jantung

olahraga
image source: Odyssey
Olahraga sangat perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan jantung. Sebenarnya banyak macam olahraga yang bisa dilakukan untuk menguatkan jantung. Olahraga merupakan salah satu cara mencegah penyakit jantung yang paling efektif karena setelah berolahraga, jantung dapat memompa oksigen dan darah ke tubuh dengan lebih lancar.

Bahkan orang yang berolahraga memiliki kemungkinan menderita penyakit jantung dua kali lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga. Meskipun banyak olahraga yang baik untuk jantung, tentunya hanya beberapa olahraga tertentu saja yang paling baik untuk jantung. Seperti berikut ini di antaranya.

  • Kardio bisa membantu tubuh kita untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan pernapasan dan menurunkan denyut jantung. Olahraga ini dilakukan dengan mengerahkan kemampuan otot besar yang dapat memperkuat jantung dan paru-paru. Olahraga yang termasuk kardio di antaranya adalah aerobik, jogging, lompat tali, jalan kaki atau bersepeda.
  • Latihan beban dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, membakar kalori, dan membuang lemak dan gula yang tidak berguna dari tubuh. Dengan begitu, otomatis jantung pun dapat menjadi lebih kuat.
  • Sekarang ini yoga merupakan olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama wanita. Tak heran karena olahraga yang satu ini bisa menyehatkan tubuh sekaligus menenangkan pikiran. Cocok untuk kita yang penuh dengan segudang aktivitas dan perlu olahraga sekaligus relaksasi. Nah, dalam yoga kita memerlukan teknik peregangan, pernapasan dan relaksasi yang mana bagus untuk jantung. Karenanya rutinlah melakukan yoga secara teratur agar risiko terkena penyakit jantung berkurang dan terhindar dari stres.
  • Olahraga yang berasal dari Tiongkok ini juga mampu menjaga kesehatan jantung kita. Tai chi berdasarkan pada seni bela diri yang menggabungkan gerakan lambat yang seirama dengan pernapasan dalam dan pikiran. Jika kita rutin melakukan gerakan-gerakan tai chi, maka dijamin jantung kita juga akan ikut sehat.
Nah, itu dia beberapa olahraga yang dianjurkan untuk merawat jantung. Namun, akan lebih baik lagi jika kita berkonsultasi dulu pada dokter sebaiknya olahraga apa yang harus kita lakukan berdasarkan kondisi tubuh yang kita miliki, khususnya jika Anda adalah penderita Aritmia. Terlebih jika sudah mengalami penyakit jantung, tentunya tidak boleh sembarangan melakukan olahraga. (Rima)

0 komentar :

Posting Komentar

 

Artikel Informasi Baru Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger